Search

5 Nov 2008

SURAT UNTUK OBAMA


Kepada Pak Barack Obama,

Hari ini Anda orang paling bahagia di dunia. Tapi Anda bukan Harrison Ford dalam film Air Force One, atau Rambo, atau Superman, meski saya berharap Anda menjadi superman untuk memungkasi krisis global.

Di seluruh jaringan televisi Indonesia, senyum Anda berseliweran. Bukan senyum kemenangan semata saya kira, melainkan ayunan kerendahhatian seseorang yang akan menjadi pusat perhatian ke beberapa tahun di depan.

Itu mengapa saya mendadak legawa menerima Anda sebagai kepala suku sebuah negara berjuluk “Polisi Dunia”, meski saya tak punya hak suara untuk mencoblos Anda.

Namun ini belum garansi untuk mengabadikan Anda dalam kubus sejarah yang harum. George Walker Bush disanjung sebelum ia dilantik pada 20 Januari 2001 sebagai presiden USA ke 43. Tetapi ia melakukan beberapa hal bodoh dan membohongi rakyat Amerika Serikat.

Bush menyerang Irak sejak Kamis (20/3/2003), sebagai manifestasi atas kenyataan bahwa Barat selalu menginvasi Timur Tengah dengan anggapan "memerdekakan" rakyat dari kesewenang-wenangan dan membawa modernisasi lewat kekuatan militer. Lalu juga menyerbu Afghanistan.

Serangan di Afghanistan dan Irak menyebabkan ribuan penduduk sipil tewas. Dampak negatif lainnya membuat semakin merebaknya aktivitas terorisme di dua negara ini. Perang di Afghanistan dan Irak membuat rakyat Amerika harus menanggung kerugian miliaran dolar, begitu juga negara-negara di Timur Tengah.

Pak Obama, senyum Anda yang ganteng mungkin akan berguna untuk meredam gejolak dunia, sebagaimana dikatakan mantan guru SD Anda di Jakarta bahwa Anda sering menjadi penengah kala terjadi perkelahian.

Anda blasteran Amerika-Kenya yang supel dan bersahaja, sehingga cukup bagi Anda makan dengan gaji sebagai presiden, dan tak perlu mengutil seperti yang dilakukan hampir seluruh pejabat pemerintah Indonesia.

Salam saya untuk istri dan anak-anak Anda, Michelle Obama, Malia Ann dan Natasha. Semoga Tuhan membimbing Anda menapak jalan yang benar.


Salam,
Arief Firhanusa

8 komentar:

-G- mengatakan...

Titip salam juga ah buat Pak Obama (^_^)

Riema Ziezie mengatakan...

salam juga utk Pak Obama moga makin baik dan ramah pada negara tetangga

goresan pena mengatakan...

hmmm...mAsih demam obama sampe' hari ini....

Elys Welt mengatakan...

amin ...

david mengatakan...

saya ikutan ah,titip salam juga buat Obama

Elsa mengatakan...

kalo ada yang bilang bahwa 99% rakyat Indonesia mendukung Obama, mungkin pendapat itu 100% bener ya...

nita mengatakan...

sepertinya hampir seluruh bangsa di dunia bersorak-sorai dg terpilihnya obama. tinggal menunggu sepak terjang selanjutnya. semoga benar dialah sang black superman itu:)

Lia Marpaung mengatakan...

hi bung arief, salam kenal ! sebagaimana anda, sayapun berharap obama mampu menjadi "superman" membantu dunia menghadapi penjahat bernama "krisis globa"...dan memelihara perdamaian dunia...