Search

17 Okt 2008

SUZANNA


BELUM ada di Indonesia pemain film horor memiliki tatapan miris dan aksen menggetarkan macam Suzanna.

Luna Maya
dengan Bangsal 13-nya? Ah, masih hijau! Revalina S Temat dengan Pocong 2-nya? Hm, masih pantas belajar sekian tahun untuk menciptakan kengerian.

Bahkan, Mbak Farida Pasya yang suka ngakak saat berkostum Mak Lampir pun tidak terlalu sangar, terutama ketika ia menanggalkan jubah dan tongkat ajaib, lalu kita menyeruput teh manis bersamanya di sebuah lobi hotel.

Suzanna benar-benar multihantu, multingeri, dan multi-multi lain untuk urusan membuat bulu kuduk berdiri. Ia misterius dan identik bunga. Saat masih bocah, tiga malam saya sulit tidur usai menonton Sundel Bolong dan Malam 1 Suro. Beberapa waktu kemudian saya terbayang-bayang wajahnya setelah menyaksikan aktingnya (yang sebenarnya biasa-biasa saja) dalam Nyai Roro Kidul dan Perkawinan Nyi Blorong.

Hollywood pun tak memiliki legenda horor yang sepanjang karier aktingnya melulu bermain untuk film ber-genre mencekam, kecuali Jepang yang punya Masayuki. Hollywood lebih suka memelihara sekuel dengan tokoh-tokoh melegenda macam Dracula, Friday 13th, Frankenstein, Zombie, Scream, Pinhead, The Creeper, Candyman, Chucky, dan sebagainya.

Sebab itu, tatkala terdengar kabar Suzanna meninggal, kemarin, saya segera mendoakan agar beliau masuk surga. Meski menakut-nakuti, toh ia beribadah lantaran menyenangkan banyak orang dengan punggungnya yang bolong.

Selamat jalan, Mbak Suzan, semoga Tuhan memberi pelita di alam baka.

7 komentar:

TJOKRO mengatakan...

aku ga suka film horor, dan ga kenal mbak suzanna. Tapi menurutku ia legenda, hihihihihi

sendangmulyo mengatakan...

Akhirnya Ratu Horor itu wafat. Kita hanya bisa mengirim doa agar arwahnya diterima dengan sebaik-baiknya di sisi Tuhan YME, amin

agape mengatakan...

Film-film Suzanna itu semuanya menakutkan. Wajahnya itu loh, bikin merinding saja.

filmis mengatakan...

kalau dekat, aku melayat. sayang suzanna dikubur di magelang

Ulies keren juga sih.. mengatakan...

aku ga pernah berani nonton pilem horor....hehe atut...tapi Suzana emang legenda..lom ada penggantinya..

RIBIE_CIMOET mengatakan...

amin....moga za dia masuk surga.aku suka banget ma aktingnya suzanna. dia tuh pemain horor yang paling menyeramkan dan setiap filmnya bikin penasaran pengen lihat gitu(itu buat aku).

blue mengatakan...

mbak suzzana memang luar biasa. artis yang konsisten berperan menjadi hantu. luar biasa memang.. nyaris tak ada artis yang begitu sangat konsiisten memerankan karakter tokoh.
kecuali rhoma irama.