Search

Memuat...

30 Mar 2007

APA KABAR, PELE? SAYA RINDU ANDA


[6 Juni 1997. Ubin lantai 5 Hotel Regent, Jalan Hang Tuah, Kuala Lumpur, seolah bergoyang ketika pria berkulit hitam itu memasuki ruangan. Dada saya berdegup kencang. Pria itu, Edson Arantes do Nascimento, atau dunia menyapanya dengan Pele, menebar senyum. Lalu lampu kilat menghujaninya]

Apa kabar, Pele? Pagi ini saya mendadak sangat merindukan Anda. Seolah hangat telapak tangan Anda tatkala kita bersalaman di Kuala Lumpur itu masih membekas. Saya cermati beberapa lama foto kita di tembok rumah, sampai akhirnya saya harus bergegas menyalakan DVD, memutar cakram kenangan Piala Dunia.

Di final Piala Dunia Swedia, 29 Juni 1958 itu, Anda masih berusia 17. Tetapi pesona Anda sangat memukau, bukan hanya lantaran Anda membidik dua gol ke gawang Swedia, melainkan juga karena Brasil yang Anda bela unggul 5-2.


Ketika Piala Dunia digelar di Meksiko, 1970, Italia datang untuk menebus kegagalan di Inggris. Memang berhasil sampai ke final, namun membentur tim super Brasil yang kembali Anda perkuat, padahal empat tahun sebelumnya Anda cedera. Brasil menang 4-1. Karena telah tiga kali merebut Piala Jules Rimet, negara Anda berhak memiliki selamanya. Maka FIFA membuat piala baru untuk diperebutkan di Jerman Barat, 1974. Sejak itu dikenal istilah Piala Dunia, yang juga berlaku untuk nama resmi turnamen.


Di Piala Dunia Jerman Barat, 1974, Anda pensiun, tetapi muncul Johan Cruyff dari Belanda dengan total football-nya.


Johan Cruyff? Maradona? Bukan! Andalah yang terbesar!



8 komentar:

slam^ mengatakan...

Wuih salaman ro pele. wasyuuu ngiri bo'

orng pinter tolak TOLAK ANGIN mengatakan...

kampret, ning endi kuwi bos? weleh malaysia, kirain ning brazil

Cah Radar mengatakan...

salaman sama Catherine Zeta Jones duwe ra?

PONIRAN mengatakan...

apa ngga kebalik maz? pele kan pensiun taun 1970.

| ARIEF FIRHANUSA | mengatakan...

Poniran, Om Pele gantung sepatu sebelum Piala Dunia 1974. Ntar ogut kasih pinjem DVD tentang Piala Dunia kalo ga percaya. Peace!

poniran mengatakan...

Oke, makacih bozz, but ga usah kasih pinjem DVD lah, tar lupa kembaliin,, huwawakakakakak .......

dya|imutz mengatakan...

Itu waktu ms arif kerja di bola kan? wehehehehe, makaci gantungan kuncinya ms, msh dya simpen. mwah mwah

ima^cimed mengatakan...

ko' tua banget taun 1997? HUEEKK ...